Di Pati, Ma'ruf Amin dan Nana Temui Ulama Bahas Ekonomi Pesantren Hingga Kondusivitas Tahun Politik

(Foto: Wapres RI Ma'ruf Amin didampingi Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana temui ulama di Ponpes Maslakhul Huda Desa Kajen Margoyoso Pati, Sabtu 27 Jan 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mendampingi Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin bersilaturahmi dengan ulama dan pimpinan pondok pesantren (Ponpes), di Ponpes Maslakul Huda Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Sabtu (27/1/24).

Di pesantren itu, Wapres dan Pj Gubernur Jateng dijamu langsung oleh pengasuh Ponpes Maslakul Huda, KH Abdul Ghaffar Rozin, dan para ulama setempat.

Baca Juga: Bertemu Ulama Pati, Wapres Ingatkan Jaga Persatuan Umat Hadapi Tantangan Pemilu

Baca Juga: Airlangga di Kampanye Prabowo-Gibran: Jokowi Kasih Sembako-KIP, Mau Dilanjutkan?

Baca Juga: Kampanye Akbar Prabowo Gibran di Simpang Lima Semarang Bertema "Kirab Kebangsaan"

Silaturahmi itu dilakukan setelah sebelumnya rombongan berziarah ke makam Syekh Ahmad Mutamakkin dan KH Sahal Mahfudh, yang lokasinya tak jauh dari pondok pesantren tersebut.

Baca Juga: Warung Kopi Sebagai Ajang Komsos Babinsa Koramil 14/Gunungwungkal

Baca Juga: Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro Sambut Kunjungan Wapres RI di Kabupaten Pati

Nana menjelaskan, ada beberapa hal yang dibahas dalam silaturahmi tersebut, di antaranya terkait ekonomi pesantren, kondusivitas pada tahun politik, dan sebagainya.

“Tadi juga membahas masalah politik. Tidak ada perpecahan. Walaupun mempunyai pilihan masing-masing, tetapi rasa persatuan yang diutamakan,” katanya.

Baca Juga: Wapres RI Kegiatan di Semarang, Rembang, Hingga Pati

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Maslakul Huda, KH Abdul Ghofar Rozin mengatakan, dalam bahasan silaturahmi itu, salah satunya menyinggung jika pesantren, umat, dan para santri diminta untuk tetap menjaga kondusivitas selama tahun politik, khususnya selama pelaksanaan tahapan Pilpres dan Pileg.

“Apa pun pilihannya, kedamaian umat itu perlu dikedepankan. Tidak ada arahan apa pun dari Wapres untuk memilih atau preferensi capres-cawapres tertentu. Saya ulangi, tidak ada arahan apa pun (terkait capres-cawapres),” kata tokoh yang akrab disapa Gus Rozin ini.

Dalam silaturahmi itu, lanjut Ketua Asosiasi Pesantren Seluruh Indonesia ini, Wapres memberikan semangat kepada pesantren, untuk lebih aktif dalam membangun ekonomi syariah dan ekonomi umat.

Sebab, pesantren juga didorong untuk menyokong kemandirian ekonomi. “Itu saja pesannya, karena waktunya cuma 20-30 menit, jadi tidak banyak yang bisa dibicarakan,” katanya.

Menurut Gus Rozin, Pemprov Jateng sudah memberikan perhatian khusus kepada pendidikan pesantren dan insentif guru agama atau madrasah.

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan oleh Pemprov Jateng adalah bentuk kehadiran negara dalam pengembangan pesantren dan para santri.

“Ini salah satu yang positif, karena Pemprov Jateng sudah punya Perda Pesantren (Perda Nomor 10 Tahun 2023). Itu mewajibkan negara untuk hadir kepada pesantren dan para santri. Harapannya hal seperti itu berjalan konsisten, karena sudah ada ada regulasinya,” kata Gus Rozin yang juga menjabat sebagai Katib Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini. (red)

Komentar