Ikon Baru Kota Pati Terbuat dari Knalpot Brong Diresmikan Kapolresta Pati

(Foto: Kapolresta Pati Konbes Pol Andhika Bayu Adhittama meresmikan monumen Ikan Bandeng dari knalpot brong di Area Simpang Lima Pati, Minggu 14 Jan 2024)

Kabaroatigo.com - PATI - Ikon Kota Pati yang terbuat dari knalpot brong hasil razia Satlantas Polresta Pati akhirnya diresmikan Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Minggu (14/1/24).

Keberadaan knalpot berbentuk ikan bandeng di kota Pati mulai ramai sejak Jumat (12/1/24)). Karena sudah terpasang sebelah barat Alun-Alun Simpang Lima Pati.

Baca Juga: Pembunuhan Perangkat Desa Giling Gunungwungkal Bermotif Asmara, Ini Penjelasan Polisi

Tugu bandeng itu dirangkai dari 4.031 knalpot brong merupakan hasil dari kreativitas warga Pati tepatnya bengkel Dukuh Muktisari Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo, Pati.

Baca Juga: Sebanyak 240 Surat Suara DPR RI Ditemukan Rusak oleh KPU Pati

Baca Juga: Berikut Tiga Kecamatan Penghasil Durian Terbesar di Kabupaten Pati !

Lokasi tugu tepatnya berada di alun-alun bagian barat Kota Pati. Para pengguna jalan yang melintas sekitar alun-alun dipastikan dapat melihat tugu yang tengah viral tersebut. Keberadaan ikon tersebut, menambah estetika kota Pati.

Baca Juga: Apel Gabungan Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di Wilayah Kabupaten Pati

"Kami melaksanakan kegiatan apel dan deklarasi Jawa Tengah zero knalpot brong sekaligus meresmikan sebuah tugu sebagai ikon di Pati," ucap Andhika.

Baca Juga: Unik dan Menarik, Ribuan Knalpot Hasil Razia Satlantas Polresta Pati Dijadikan Ikon Bandeng

Menurutnya, salah satu penyumbang utama kebisingan yang meresahkan masyarakat adalah knalpot brong. Selain menganggu kenyamanan masyarakat, serta berpotensi merugikan kesehatan dan kualitas hidup.

"Konsep zero knalpot brong bukan hanya solusi mengurangi polusi suara tetapi juga memberikan kenyamanan lingkungan," imbuhnya. 

Kombes Pol Andhika menambahkan transformasi kebijakan dalam mengatasi masalah knalpot brong, agar ramah lingkungan menjadi alternatif yang efektif. 

"Kami berharap bahwa Tugu Knalpot Brong ini dijadikan sebagai peringatan dan sekaligus sebagai sarana edukasi kepada masyarakat mengenai dampak negatif dari penggunaan knalpot brong," tambahnya.

Dia berharap masyarakat Kabupaten Pati tidak lagi menggunakan knalpot brong. (red)

(Foto: Caleg DPRD Provinsi Jateng Supriyanto)

Komentar