Sebanyak 240 Surat Suara DPR RI Ditemukan Rusak oleh KPU Pati

(Foto: ilustrasi surat suara)

Kabarpatigo.com - PATI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati, Jawa Tengah menemukan 240 surat suara DPR RI rusak. Kerusakan surat suara seperti berlubang, sobek hingga pemotongan kertas yang tidak rata.

Ketua KPU Kabupaten Pati, Supriyanto mengatakan, meski demikian pihaknya belum dapat memastikan jumlah surat suara yang rusak karena masih dalam penyortiran dan pelipatan.

"Sampai sejauh ini yang rusak pada tahap pertama Desember itu ada 240-an untuk DPR RI," ujarnya, Rabu (10/1/24).

Baca Juga: Sebanyak 4.402 Petugas Pengawas TPS Dilantik Bawaslu Pati

Baca Juga: Ketum Airlangga Instruksikan Seluruh DPD Wujudkan 80 Persen Pemilih Golkar Pilih Prabowo-Gibran

Penyortiran dan pelipatan tidak hanya untuk surat suara DPR RI melainkan juga Pileg DPRD Jawa Tengah, Pileg DPRD Kabupaten/Kota, Pileg DPD RI, dan surat suara capres-cawapres. Penyortiran dan pelipatan surat suara melibatkan 275 tenaga kerja.

Baca Juga: Ikon Baru Kota Pati Terbuat dari Knalpot Brong Diresmikan Kapolresta Pati

KPU Pati menargetkan penyortiran dan pelipatan surat suara rampung pada 22 Januari 2024.

"Surat suara DPRD Provinsi targetnya adalah empat hari, kemudian kami lanjutkan DPRD Kabupaten/Kota, selanjutnya presiden dan wakil presiden serta DPD," katanya.

Sementara itu, Dimas salah seorang penyandang disabilitas yang dilibatkan dalam pelipatan surat suara mengaku, dalam sehari 1 kelompok berisikan 5 orang. Kelompok tersebut mampu menyelesaikan hingga 1.500 surat suara.

Untuk surat suara yang rusak dalam sehari dia menemukan 3 hingga 4 surat suara.

"Kendalanya itu paling kalau kertas suaranya robek yang cacat itu kendala soalnya kan enggak masuk hitungan. Setiap hari ya ada 3, 4 (surat suara) gitu," tuturnya.

Diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Pati mencapai 1.037.584 jiwa. KPU Pati telah menerima 3.186.686 lembar surat suara untuk pemilu 2024 yang kini masih dalam tahap pernyortiran dan pelipatan. (beritasatu.com)

Komentar