Mudik 2024 Akan Menjadi Mudik Termeriah Sepanjang Sejarah

(Foto: ilustrasi mudik lebaran 2024)

Kabarpatigo.com - Melihat sepuluh tahun atau satu dekade ke belakang, tren jumlah pemudik dalam momen Lebaran di Indonesia bergerak fluktuatif.

Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta para pakar dan akademisi di bidang transportasi telah mengadakan survei potensi pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024 (Idul Fitri 1445 H).

Hasil Survei menyebutkan, moment Lebaran 2024 kali ini akan membawa pergerakan masyarakat secara nasional sebanyak 193,6 juta orang. Angka ini, artinya mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia.

Baca Juga: Ini Rahasia Resep Nasi Gandul Khas Pati, Cocok untuk Menu Sahur Ramadhan

Baca Juga: Jelang Pilkada 2024, KPU Pati Segera Siapakan Badan Ad Hoc

Baca Juga: Griya Lansia Aisyiyah Pati Gelar Pesantren Kilat Ramadhan Lansia

Apabila prediksi itu benar terjadi, maka jumlah pemudik pada Lebaran 2024 akan menjadi rekor tertinggi dibanding mudik pada Lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Tak dapat dipungkiri bahwa Ramadhan dan Idul Fitri menjadi momentum dengan daya ungkit ekonomi yang paling besar di Indonesia, terlebih adanya tradisi mudik.

Ini karena momentumnya tidak terbatas pada wilayah tertentu, namun dirayakan mayoritas masyarakat di seluruh pelosok negeri. (red)

Komentar