Pilkada Jateng, Wihaji Dinilai Layak Ramaikan Bursa Gubernur dan Wakil Gubernur

(Foto: Wihaji mantan Bupati Batang 2017-2022)

Kabarpatigo.com - SEMARANG - Dr H Wihaji, SAg, MPd, Bupati Batang 2017-2022, merupakan salah satu sosok yang layak untuk meramaikan bursa Gubernur atau wakil gubernur Jateng pada pilkada 27 November 2024.

Selain memiliki pengalaman di bidang pemerintahan selama menjabat Bupati Batang, Wihaji juga salah satu tokoh pemimpin muda di Jateng.

Saat ini, Wihaji menjabat ketua harian DPD Partai Golkar Jateng sehingga memiliki modal politik kuat.

Apalagi suara Golkar pada pemilu legislatif 2024 di Jateng mengalami peningkatan yang signifikan.

Baca Juga: Di Bali Ketum Golkar Sampaikan Keberhasilan Partai Golkar di Pemilu 2024, Airlangga: Berkat Kekompakan

Hal itu diungkap Dekan FISIP Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang Dr Agus Riyanto, SIP, MSi, dalam sebuah acara, Sabtu (16/3/24).

Agus Riyanto menambahkan Wihaji pernah aktif sebagai wakil sekjen GP Ansor pada era kepemimpinan Yaqut Cholil Qoumas, dan lulusan S3 Universitas Negeri Jakarta.

Baca Juga: Bareng Pangdam IV Diponegoro, Kapolda Jateng Berikan Bantuan Sembako kepada Warga Korban Banjir Juwana Pati

Artinya, pria kelahiran Sragen itu juga memiliki modal sosial yang kuat karena secara kultural memiliki kedekatan dengan kalangan nahdliyin, salah satu basis massa terbesar di Jateng.

"Dua modal tersebut akan bisa menjadi salah satu amunisi politik efektif bagi Wihaji jika mencalonkan diri sebagai calon gubernur atau wakil gubernur Jateng," ujar Agus Riyanto.

Pasca Ganjar Pranowo, lanjut dia, Jateng membutuhkan sosok pemimpin yang tidak hanya populis saja.

Baca Juga: Ahmad Doli Kurnia Ungkap Alasan Partai Golkar Tetap Dorong Revisi UU Pilkada

Tetapi juga harus memiliki kapabilitas dan pengalaman dalam memimpin pemerintahan, dan ini ada pada sosok Wihaji.

Sebab, ada beberapa persoalan penting yang harus ditangani dan menjadi pekerjaan rumah gubernur dan wakil gubernur Jateng mendatang.

Seperti masalah kemiskinan, infrastruktur jalan, dan banjir rob sehingga dibutuhkan pemimpin yang benar-benar menguasai peta lapangan Jateng secara komprehensif maupun karakter dan aspirasi masyarakatnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar Dr M Iqbal Wibisono juga sependapat dengan Agus Riyanto.

Menurut Iqbal, Wihaji pantas maju sebagai calon gubernur atau wakli gubernur Jateng mendatang karena punya pengalaman sebagai Bupati Batang.

Di bawah kepemimpinannya, Batang menjadi daerah yang kondusif. Selain itu, Wihaji ikut berperan dengan keberadaan Kawasan Industri Batang.

''Saya pikir Wihaji sudah cukup dewasa untuk naik level ke calon gubernur atau wakil gubernur Jateng,'' jelas Iqbal yang juga Korwil Pemenangan Pemilu DPP Golkar Wilayah Jateng dan DIY.

Dia menegaskan ada tiga kunci agar Jateng ke depan menjadi lebih baik.

Yakni memiliki pemimpin yang mampu menyehatkan masyarakat, mampu meningkatkan pendidikan masyarakat, dan mampu menaikkan pendapatan masyarakat. (suaramerdeka)

Komentar