Bupati Tinjau Pembangunan Stadion Joyo Kusumo

(Foto : Bupati Haryanto saat tinjau pembangunan stadion Joyo Kusumo Pati)

Kabarpatigo.com - PATI - Bupati Haryanto bersama Sekretaris Daerah dan Kepala DPUTR Pati melakukan monitoring pembangunan Stadion Joyokusumo, Selasa siang (3/11/20).

Pembangunan berfokus pada pemasangan rumput lapangan stadion. Kendati terkena refocussing anggaran, tetapi pembangunan tetap dilakukan pada tahun ini. Sedangkan untuk lintasan dan fasilitas lainnya akan dilanjutkan pada anggaran 2021.

Saat meninjau pembangunan stadion ini, Bupati mengatakan, pengerjaan telah sesuai dengan spesifikasi. Sedangkan pemasangan rumput stadion telah rampung, dan tinggal menunggu penyerahan dari penyedia pada Pemkab Pati.

Pengerjaan rumput lapangan Stadion Joyokusumo juga sudah sesuai dengan DED yang menggunakan rumput sintetis, sesuai dengan studi beberapa daerah dan Jakarta yang menggunakan rumput serupa. Sebab perawatannya lebih mudah, serta bisa memberikan fasilitas olahraga bagi pecinta sepak bola.

“Sedangkan lintasan di sekitar lapangan dan fasilitas yang lain pada 2021 bisa selesai. Jika Kabupaten Pati ditunjuk sebagai tempat pembukaan Porprov, maka kita sudah siap,” ujarnya.

Bupati menjelaskan setelah penyerahan, akan segera difungsikan. Misal belum diserahkan, maka sifatnya hanya pinjam uji untuk latihan dan lainnya.

“Yang masuk stadion diharapkan tidak merokok, karena rumput sintetis rawan rusak. Termasuk untuk lintasan juga yang nanti juga terbuat dari karet. Kita mengakomodir masukan masyarakat dan ini sudah diperhatikan, harapannya juga masyarakat ikut merawat fasilitas ini,” harapnya.

Bupati memastikan pengerjaan untuk lapangan sudah 100%. Namun untuk lintasan dan fasilitas lainnya masih belum selesai karena keterbatasan anggaran. Semula, dialokasikan anggaran 20 miliar, tetapi setelah refocussing hanya tersedia 8 miliar.

“Masih banyak yang belum, seperti lampu stadion sangat mahal. 16 miliar pada 2021 akan digunakan untuk menyelesaikan pengerjaan lintasan belum termasuk pemasangan lampu stadion yang ditujukan untuk pertandingan malam hari,” ungkap Bupati.

Kedepan juga akan ada venue senam, karate, taekwondo, silat, senam, tarung derajat dan dayung di Stadion Joyokusumo. Paling tidak Persiapan sirkuit balap, memang ada yang mau membangun di Kecamatan Cluwak dan dulu sudah ada. Tetapi venue balap akan dilangsungkan diwilayah lain.

“Jadi untuk sirkuit kita belum memfasilitasi, namun dari warga Kecamatan Cluwak ada alokasi itu yang dibangun dari bantuan Provinsi. Ketika memenuhi persyaratan akan kita tawarkan kepada panitia Porprov,” imbuhnya.

Bupati mengatakan, perbaikan stadion merupakan salah satu fasilitas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

“Jangan hanya olah raga saat pandemi dan hanya sekedar mengikuti tren saja. Karena olah raga adalah bagian dari peningkatan prestasi dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” tandas Bupati.

Selain meninjau pembangunan stadion, Bupati juga meninjau sejumlah titik perbaikan trotoar di sepanjang jalan Pemuda dan Panglima Sudirman. Pengerjaan trotoar ini bertujuan untuk menata gorong- gorong sebagai antisipasi menghadapi musim penghujan. (red)

#Haryanto #StadionJoyoKusumo


Komentar