Tradisi Meron Desa Sukolilo Tetap Berjalan, Namun Dilaksanakan dengan Sederhana


(Foto: Kepala Desa Sukolilo Mulyanto saat memberikan sambutan pada acara upacara perayaan Meron Sukolilo, Rabu 20 Okt 2021)

Kabarpatigo.com - SUKOLILO - Tradisi Meron yang diadakan di Desa Sukolilo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, merupakan salah satu bentuk tradisi yang unik. 

Tradisi ini diadakan setiap tahun sebagai bentuk dari peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 Rabiul Awal.

Biasanya upacara perayaan tradisi Meron di Desa Sukolilo setiap tahunnya berjalan cukup meriah, ramai, dan unik, yang memiliki corak khas daerah lokal yang diikuti masyarakat Sukolilo.

Untuk menghindari dari keramaian dan kerumunan, upacara perayaan Meron tahun 2021 ini dilaksanakan dengan sangat sederhana tidak ada pawai budaya atau kirab gunungan Meron, dikarenakan Kabupaten Pati masih dalam kondisi PPKM Level 3.

Gunungan Meron didirikan di depan rumah Kepala Desa dan perangkat desa. Dengan tidak mengurangi nilai kesakralan tradisi Meron, upacara perayaan Meron dilaksanakan dengan doa bersama di Masjid Besar Baitul Yaqin Sukolilo, Rabu (20/10/21).

Pelaksanaan tradisi Meron yang digelar sangat sederhana berjalan sukses dan lancar. Hal ini berkat kerja sama dan koordinasi dari Pemerintah Desa Kepala Desa Mulyanto, Perangkat Desa, Panitia Meron, Muspika, dan Polres Pati.

Walaupun upacara perayaan Meron tidak ada pawai budaya, namun pihak Polres Pati membantu dengan mengirimkan satu pleton pasukan untuk mengatur jalur lalu lintas Pati-Purwadadi. (aa)

#TradisiMeron

Komentar