Pemkab Pati Serahkan Tali Asih untuk Veteran di Hari Pahlawan, Safin: Kondisi Saat Ini Tak Lepas dari Perjuangan Para Pahlawan

(Foto: Wakil Bupati Pati Saiful Arifin saat menyerahkan penghargaan kepada para veteran di pendopo kabupaten Pati, Rabu 10 Nov 2021)

Kabarpatigo.com - PATI - Pemerintah Kabupaten Pati menyerahkan penghargaan kepada veteran dalam rangka peringatan Hari Pahlawan.

Penghargaan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan para veteran, yakni sebanyak 30 orang, yang dihadirkan di Pendopo Kabupaten pada untuk menerima tali asih, Rabu (10/11/21).

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dalam sambutannya mengatakan, Hari Pahlawan merupakan hari yang patut dikenang dikarenakan jasa - jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

"Kami selaku pemerintah daerah selalu berupaya memberikan penghormatan dan penghargaan sebagai wujud kepedulian atas jasa yang telah dilakukan. Meskipun nilainya tidak seberapa, namun hal ini patut dan sudah semestinya kita lakukan," ujarnya.

Menurutnya, kondisi yang bisa dirasakan saat ini tak lepas dari perjuangan para pahlawan.

Pemerintah daerah, sambung Safin, saat ini juga sedang berjuang diantaranya adalah dengan menggalakkan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Pati.

"Seperti yang Presiden Jokowi sampaikan untuk gas rem - gas rem, artinya adalah bagaimana pemerintah daerah berupaya maksimal dalam menangani pandemi Covid-19 namun perekonomian di daerah juga harus tetap berjalan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) P3AKB Kabupaten Pati, Muchtar menyampaikan bahwa tali asih ini diberikan sebagai penghormatan dan penghargaan dari pemerintah daerah kepada para veteran yang tergabung dalam Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Pati.

Sebagai rangkaian kegiatan  peringatan hari pahlawan, Pemkab melalui Dinsos P3AKB Pati memang telah mengalokasikan anggaran dari APBD untuk para anggota veteran dan janda veteran.

"Dan kebijakan pemberian tali asih ini merupakan tanda hormat dan tanda ikatan batin pemerintah daerah," jelas Mochtar saat menyampaikan laporan.

Adapun jumlah anggota veteran yang menerima tali asih sebanyak 155 orang. Sedangkan tali asih yang diterima setiap anggota veteran sebanyak satu juta rupiah secara non tunai melalui akun virtual. (red)

#SaifulArifin

Komentar