Pembangunan Embung, Safin : Bisa Meningkatkan Perekonomian di Pedesaan

(Foto : Safin wakil Bupati menanam pohon di sekitar embung Sukoagung untuk peresapan air)


Kabarpatigo.com - BATANGAN - Pembangunan Embung di Desa Sukoagung Kecamatan Batangan Kabupaten Pati ditinjau oleh Bupati. Dalam peninjauan kali ini Bupati Haryanto bersama rombongan memilih bersepeda menuju lokasi sambil menikmati pemandangan alam. 

Bupati dalam peninjauan pembangunan embung Sukoagung didampingi Wakil Bupati Saiful Arifin, Dandim, Kapolres, Sekda dan seluruh Kepala OPD, Jumat (19/6/2020).

Wakil Bupati Saiful Arifin di sela-sela kunjungan bersama Bupati, mengatakan keberadaan embung diharapkan tak hanya sekadar jadi tempat resapan air. Namun mampu meningkatkan perekonomian di pedesaan.

"Lebih dari itu, embung juga bisa dikelola secara kreatif dan profesional guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat pedesaan," kata Safin

Salah satu upaya peningkatan taraf ekonomi warga, lanjut Safin, dapat dilakukan dengan mengalokasikan Dana Desa untuk pengembangan embung tersebut.

"Jadi pengairan bagus, panen yang semula hanya dua kali jadi tiga kali setahun, otomatis ketahanan pangan tambah kuat, dan warganya nggak perlu merantau," terang Saiful Arifin.
(Perum. "Ndalem Asri" Gambiran - Sukoharjo - Pati, no person via WA/Call : 082227192177)

Sebab, dengan bermodalkan Dana Desa, lanjut Wabup, pemuda setempat  bisa diberdayakan untuk mengembangkan embung sebagai wisata perikanan dan pemancingan yang dilengkapi dengan fasilitas olahraga.

Sehingga akhirnya masyarakat pun mendapatkan banyak tambahan penghasilan dari kedatangan para pengunjung embung.

"Dan hasil budidaya ikan di pemancingan pun, bisa dijual ke pengunjung atau minimal dimanfaatkan untuk meningkatkan gizi anak-anak agar terhindar dari stunting," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Safin pun menegaskan bahwa pihaknya tak meragukan kemampuan desa untuk mengelola potensi lokal lewat Dana Desa.

"Saya yakin jika masyarakat desa dikasih kesempatan, pasti bisa mengembangkan embung yang dibangun dengan menggunakan APBN 2019 ini," kata Safin tegas. (Red)

#HumasPati #PemKabPati #SaifulArifin #safin #Batangan #EmbungSukoagung

Komentar