Unik, Warga Pati "Sulap" Limbah Bonggol Jagung Menjadi Karya Seni Nilai Tinggi

(Foto : Ranu Adi "kaos merah" waktu menerima bantuan dua alat mesin dari PPPUD Tim dari UMK, beberapa waktu lalu)

Kabarpatigo.com - PATI - Warga RT. 12 RW. 02 Desa Sarirejo Kemiri Kabupaten Pati Jawa Tengah, Ranu Adi memiliki kreatifitas unik dalam berkarya, yakni "menyulap" bonggol jagung (batang jagung) menjadi karya seni nilai tinggi.

Dari tangan kreatifnya, lelaki yang biasa disapa Ranu ini menghasilkan aneka macam kerajinan unik yang bernilai ekonomi tinggi dari bahan dasar bonggol jagung.

Ranu memanfaatkan limbah jagung yakni bonggol jagung untuk diolah menjadi kerajinan benilai seni tinggi. Seperti lampu hias, figura, tatakan gelas, kotak tisu, dan gelang jam tangan.

"Bahan sangat berlimpah di kabupaten Pati karena di Pati banyak petani jagung dan bonggol jagung hanya dibakar percuma," kata Ranu

Memiliki latar belakang sebagai pengrajin aneka kerajinan, mulai tahun 2017 Ranu terus berinovasi mengubah bonggol jagung menjadi berbagai macam hiasan seperti lampu hias, kap lampu, tatakan gelas, tempat tisu, serta masih banyak lagi produk unik lainnya.

(Foto : karya Ranu dari limbah bonggol jagung)

Dengan kreatifitas yang cukup tinggi, tidaklah heran bila harga produk kerajinan Ranu laku di pasaran dengan harga cukup murah dan terjangkau. Kerajinan dipasarkan dengan Online dan Ofline, harga mulai Rp. 5.000 sampai jutaan rupiah, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan masing-masing produk.

Pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) Tyara Craft ini, berharap bahwa kerajinan bonggol jagungnya bisa lebih meluas lagi dan mampu bersaing dengan produk-produk buatan lainnya di Kabupaten Pati.

"Kepada Pemerintah Daerah membantu kami untuk mengembangkan kerajinan bonggol jagung di kabupaten Pati. Karena kedepanya sangat bagus. Pernah ada permintaan Expor tapi belum bisa memenuhi, apabila ini dikembangkan tentunya sangat membantu UMKM dan dapat membuka lapangan kerja," harap Ranu.

Dalam meningkatkan dan mengembangkan produk kerajinannya, beberapa hari lalu Pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) Tyara Craft ini mendapat bantuan dua buah alat Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa mesin pemotong dan mesin pengamplas bonggol jagung dari  Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) tim dari Universitas Muria Kudus (UMK).

Adanya kerajinan bonggol jagung ini diharapkan untuk meningkatkan UKM di wilayah Pati lebih hidup dan kompetitif, sehingga produk wong Pati tidak hanya dicintai namun dibeli. (aa)

#BonggolJagung #UMKMPati #UKMPati #CintaProdukWongPati #KerajinanJagung

Komentar