Ciptakan Generasi Berakhlakul Karimah, SMP Muhammadiyah 1 Pati Gelar Pesantren Ramadhan

(Foto: siswa kelas IX mengikuti Pesantren Ramadhan di aula SMP Muhammadiyah 1 Pati, Sabtu 1 Apr 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Bulan Ramadhan menjadi momentum bagi satuan pendidikan untuk menggelar kegiatan positif yang melibatkan siswa-siswanya.

Begitu pula yang dilakukan SMP Muhammadiyah 1 Pati yang mengadakan Pesantren Ramadan yang dimulai pada Jumat (31/3/23) kemarin.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Asih Dewi Oktavianti  mengatakan kegiatan Pesantren Ramadhan diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX.

Baca Juga: Muhammadiyah Pati Adakan Safari Ramadhan, Ketua PDM Pati: Membangun Silaturrahim yang Solid dan Mengoptimalkan Syiar Dakwah

"Pesantren Ramadhan diikuti seluruh siswa dengan waktu yang berbeda, setiap kelas waktu Pesantren Ramadhan dua hari. Dan untuk siswa yang tidak Pesantren Ramadhan tetap melaksanakan KBM," terang Asih.

Selama Pesantren Ramadhan siswa diwajibkan berpakaian muslim dan mengikuti dengan tertib dan khidmat, serta mencatat materi yang disampaikan oleh ustadz maupun ustadzah.

Sebagai penyaji materi selama Pesantren Ramadhan, pihak sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah menghendaki penyaji dari dewan Guru sekaligus sebagai wadah untuk belajar berdakwah.

Baca Juga: PCM Pati Kota Menerima Kunjungan Safari Ramadhan PDM di Mushalla SMP Muhammadiyah 1 Pati

"Pelaksanaan Pesantren Ramadhan, kami inginnya semua stakeholder terlibat termasuk Bapak Ibu Guru, makanya untuk pemateri dari kalangan kita sendiri dan ini untuk belajar berdakwah," jelas Lintal Muna selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Pati.

Menurut Lintal Muna, kegiatan Pesantren Ramadhan bertujuan meningkatkan kemandirian,  kedisiplinan, dan kejujuran, tentunya paham dengan keislaman.

"Dengan adanya Pesantren Ramadhan, siswa dapat menerima materi ibadah dan akhlak lebih khusus, sehingga diharapkan siswa nantinya dapat melakukan dalam kehidupan sehari-hari," pungkas Lintal Muna.

Pelaksanaan Pesantren Ramadhan dengan tema "Menciptakan Generasi Qur'ani yang Berkualitas dan Berakhlakul Karimah" dilaksanakan di Aula SMP Muhammadiyah 1 Pati. (aa)

Komentar