Ikuti Festival Gaharu Nasional, SMA Muhammadiyah 1 Pati Raih Juara 1

(Foto: Delegasi SMA Muhammadiyah 1 Pati saat ikuti Festival Gaharu Nasional di Yogyakarta, Sabtu 15 Mar 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - SMA Muhammadiyah 1 Pati mengikuti Festival Gaharu yang dilaksanakan di Yogyakarta, pada 15-17 Maret 2023.

Kegiatan yang bertajuk gerakan pembaharuan ini diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Ashoka.id, sebuah LSM yang memiliki cabang di berbagai negara.

Program Pembaharu ini meloloskan 22 dari 63 sekolah Muhammadiyah untuk melanjutkan programnya dan mengikuti Festival Gaharu, salah satunya adalah SMA Muhammadiyah 1 Pati.

Delegasi yang dikirimkan dari SMA Muhammadiyah 1 Pati yakni 2 guru (Selvi dan Yuli) serta 3 siswa (Syamsul Falaq, Daniel Lazota, dan Balqis Queen).

Baca Juga: Griya Lansia Aisyiyah Pati Adakan Pesantren Ramadhan Selama Dua Hari

SMA Muhammadiyah 1 Pati menginisiasi sebuah gerakan zero sampah dengan sebuah tagline yang digaungkan, yakni sampahmu, tanggung jawabmu.

Rangkaian acara yang digelar meliputi Layar Gaharu, Storytelling Workshop oleh Amelia Hapsari dari Ashoka.id, Sesi Inspirasi oleh beberapa tokoh inspirator dari Ashoka.id, Pasar Ide, dan sesi refleksi.

Baca Juga: Peneguhan PWM-PWA Jawa Tengah Periode 2022-2027 Dibarengi Pengajian Ramadhan 1444 H di Kota Solo

Berbagai fasilitas ruang diskusi menggugah semangat pembaharuan setiap peserta untuk berbagi pengalaman dan berbagai praktik untuk memperdalam keterampilan pembaharu.

“Saya mendapatkan berbagai teman dari berbagai sekolah dan bertukar ide. Kesempatan ini saya manfaatkan untuk menambah teman dan jaringan dari berbagai kota," kata Queen salah satu delegasi SMA Muhammadiyah 1 Pati.

Bersama dengan delegasi dari SMA Muhammadiyah Kediri, SMA Muhammadiyah 1 Pati memperoleh juara 1 dalam menyajikan ide pembaharu dalam bentuk poster.

Hal ini akan menjadi bekal kepercayaan diri para siswa agar kedepannya dapat lebih berani lagi dalam mengembangkan ide-ide pembaharuan di sekolah maupun di masyarakat.

Keterampilan inilah yang akan sangat berguna bagi mereka selepas menempuh bangku sekolah.

SMA Muhammadiyah 1 Pati selalu memfasilitasi bibit-bibit bakat karena sesuai dengan visi sekolah untuk memberntuk generasi yang unggul dan modern. (patinews)

Komentar