Peneguhan PWM-PWA Jawa Tengah Periode 2022-2027 Dibarengi Pengajian Ramadhan 1444 H di Kota Solo

(Foto: Edutorium tempat peneguhan dan pengajian PWM dan PWA Jateng periode 2022-2023 di Solo)

Kabarpatigo.com - SOLO - Pengajian Ramadan menjadi salah satu agenda rutin yang selalu digelar oleh PWM Jawa Tengah di tiap tahunnya. Pada tahun 2022 M/1443 H kemarin, PWM Jawa Tengah menggelar Pengajian Ramadan di 6 wilayah (sesuai eks-karesidenan) di Jawa Tengah.

Adapun di tahun ini, 2023 M/1444 H, PWM Jawa Tengah akan menggelar Pengajian Ramadan secara terpusat di Kota Surakarta. Hal tersebut sebagaimana hasil rapat pleno PWM Jawa Tengah, Rabu (5/4/23).

Pelaksanaan Pengajian Ramadan 1444 H secara terpusat ini bukan tanpa sebab. Pengajian Ramadan kali ini dirangkaikan dengan Peneguhan Visi dan Misi PWM-PWA Jawa Tengah Periode 2022-2027.

Adapun kegiatan akan bertempat di Venue Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48, Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Akan digelar pada tanggal 16 April 2023 M/25 Ramadan 1444 H, Pengajian Ramadan PWM Jawa Tengah tahun 1444 H mengambil tema yang sama dengan Pengajian Ramadan PP Muhammadiyah, “Aktualisasi Islam Berkemajuan, dalam Persyarikatan, Keumatan dan Kebangsaan”.

Baca Juga: Ikuti Festival Gaharu Nasional, SMA Muhammadiyah 1 Pati Raih Juara 1

Dalam rapat Pleno PWM Jawa Tengah, Ketua PWM Jawa Tengah Dr. KH. Tafsir, M.Ag menyampaikan bahwa Pengajian Ramadan PWM Jawa Tengah merupakan kepanjangan dari Pengajian Ramadan PP Muhammadiyah.

Mengingat Pengajian Ramadan PP Muhammadiyah hanya mengundang Pimpinan Persyarikatan dan Ortom tingkat pusat, serta PWM se Indonesia.

Baca Juga: Tarling Tim 3 PDM Jepara Tetap Prioritaskan 3 Agenda Gerakan Bermuhammadiyah

“Pengajian Ramadan PWM Jawa Tengah tahun ini mengundang seluruh Anggota PWM dan PWA Jawa Tengah, Pimpinan Ortom tingkat Wilayah, serta Pimpinan PDM dan PDA se Jawa Tengah. Untuk Eks Karesidenan Surakarta, PCM dan PCA juga diundang,” ungkap Tafsir.

Dalam rundown acara, kegiatan akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah Peneguhan Visi dan Misi PWM-PWA Jawa Tengah Periode 2022-2027.

Sesi kedua adalah Pengajian Ramadan yang akan diisi oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Abdul Mu’ti, M.Ed. dan Bendahara Umum PP Muhammadiyah Prof. KH. Himan Latief, Ph.D.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Abdul Mu’ti, M.Ed. akan membawakan materi Risalah Islam Berkemajuan dan Aktualisasinya dalam Kehidupan Sehari-hari, dan Bendahara Umum PP Muhammadiyah Prof. KH. Himan Latief, Ph.D. akan membawakan materi Arah Kebijakan Muhammadiyah.

Baca Juga: Muhammadiyah Rayakan Idul Fitri 1444 H Pada 21 April 2023, Haedar Nashir: Ini Menyangkut Ijtihad

Menurut informasi yang redaksi peroleh dari manajemen Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS, venue Muktamar 48 ini sendiri dapat menampunh 8000-10.000 orang.

Menilik kegiatan-kegiatan sebelumnya, diperkirakan Edutorium KH Ahamad Dahlan UMS akan dipenuhi jamaah Pengajian Ramadan PWM Jawa Tengah yang berasal dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah. (red)

Komentar