Digelar Dua Pekan Lagi, Musyda PDM Pati Siap Gunakan E-Voting

(Foto: Rapat panitia OC Musyda Muhammadiyah Pati di ruang rapat PDM, Jumat 5 Mei 203)

Kabarpatigo.com - PATI - Gelaran Musyawarah Daerah (Musyda) Muhammadiyah Kabupaten Pati akan digelar dua pekan lagi dan rencananya diselenggarakan di Hotel Safin pada tanggal 21 Mei 2023 besok.

Musyawarah Daerah merupakan permusyawaratan Muhammadiyah di tingkat daearah dengan salah satu agendanya memilih pimpinan untuk periode 2022-2027 mendatang.

Agar pelaksanaan Musyda berjalan lancar dan menghasilkan program serta pimpinan yang berkuakitas, panitia Musyda mengadakan rapat di ruang pertemuan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati, Jumat (5/5/23) siang.

Rapat yang dipimpin Abdul Wahid dan dihadiri beberapa panitia OC dan panitia SC membahas persiapan Musypimda dan Musyda, ia menanyakan dan menjabarkan secara teknis kesiapan setiap bidang yang sudah dibagi pada rapat sebelumnya.

Baca Juga: Ada 11 Nama Tidak Bersedia, 38 Nama Bersedia Dicalonkan sebagai PDM Pati

Dalam rapat tersebut juga membahas proses pemilihan pimpinan dalam Musyda. Pada rapat sebelumnya diputuskan pada Musyda nanti untuk pemilihan disepakati menggunakan E-Voting.

Hal ini diperkuat oleh sekretaris Panitia Pemilihan (Panlih) Arova Baktiar yang diundang untuk mengikuti rapar panitia Musyda. Dia menyampaikan Musyda nanti pemilihan menggunakan E-Voting.

"Pemilihan di Musyda menggunakan E-Voting, untuk identifikasi peserta atau hak pilih butuh barcode," ucap Arova.

Arova dalam rapat tersebut menjelaskan dengan rinci bagaimana mempersiapkan proses dan instrumen yang dibutuhkan dalam penggunanan pemilihan E-Voting.

"Panlih butuh beberapa hal yang dibutuhkan terutama SDM atau tenaga muda yang ahli IT di saat pemilihan untuk memandu proses pemilihan E-Voting," sambungnya.

Taufiq selaku panitia SC yang ikut hadir rapat panitia Musyda memberikan tanggapan positif terkait rencana pemilihan pimpinan nanti menggunakan E-Voting.

Menurutnya ini hal yang menarik dalam Musyda Muhammadiyah dan Aisyiyah Pati yang menerapkan teknologi E-Voting dalam pemilihan pimpinan.

"Hal ini bermanfaat menjadikan proses pemilihan lebih efisien dan efektif serta lebih cepat. Sekaligus ini menandakan bahwa Muhammadiyah lebih berkemajuan, meskipun demikian sistem keamanan ini akan tetap berlapis dan aman," tuturnya. (aa)

Komentar