Kader Berstatus Menteri Tidak Dimajukan Partai Golkar sebagai Bacaleg di Pemilu 2024

(Foto: Wakil ketua umum Ahmad Doli Kurniawan dampingi Sekjen Lodewick F Paulus daftar caleg ke KPU RI, Minggu 14 Mei 2023)

Kabarpatigo.com - JAKARTA - Partai Golkar resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) 2024 ke KPU hari ini. Partai Golkar menyerahkan 580 bacaleg untuk DPR RI.

"Hari ini malam ini kami menyampaikan berkas-berkas 580 bakal caleg untuk DPR RI dari 84 dapil," ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia dalam konferensi pers di KPU, Minggu (14/5/23).

Dari 580 bacaleg yang didaftarkan, ada nama Rian Ernest hingga istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya. Sementara itu, Golkar menargetkan 116 kursi. "Istri Pak Ridwan Kamil nyalon," kata Doli.

"Menargetkan minimal 20% ya jadi itu sekitar 116 kursi mudah-mudahan itu bisa tercapai ya secara minimal," tambahnya.

Baca Juga: Konvoi Tertib, Golkar Pati Daftarkan 50 Bacaleg ke KPU

Doli mengungkap, bahwa Ketua Umum Golkar Airlangga Hartaro, tidak mendaftar sebagai caleg. Selain itu, kader Golkar yang menjabat sebagai menteri juga tidak didaftarkan sebagai caleg.

"Kader-kader kepemimpinan kami yang sekarang sedang menjabat sebagai posisi menteri itu tidak kami calonkan karena termasuk Pak Airlangga," tuturnya.

Diketahui ada 3 menteri kader Golkar yang saat ini menjabat menteri. Selain Airlangga Hartarto yang menjabat Menko Perekonomian, dua lainnya yakni Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Partai Golkar sendiri tiba di KPU sekitar pukul 20.08 WIB. Turut hadir dalam rombongan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Wakil Ketua Umum Partai Golkar bidang Kominfo Nurul Arifin, Airin Rachmi Diany, hingga Rian Ernest. (detikNews)

Komentar