Mengeliminir Peredaran Rokok Ilegal, Diskominfo Pati Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

(Foto: Diskominfo Pati Gelar sosialisasi Gempur rokok ilegal di Panggung Terbuka Suara Pati, Kamis 15 Jun 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Dengan diselingi Musik Keroncong, Diskominfo Kabupaten Pati menggelar kembali Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal di Panggung Terbuka Radio Suara Pati, Kamis (15/6/23).

Kepala Diskominfo, Ratri Wijayanto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengeliminir peredaran rokok illegal yang ada di Kabupaten Pati.

Dan berharap kepada masyarakat, seandainya menemukan peredaran rokok illegal dari Diskominfo Pati sudah mengeloa Kanal Aduan yang menerima seluruh aduan dan keresahan melalui LaporBupati melalui nomor aduan 08112660295.

Anggota Komisi C DRPD Kabupaten Pati, Sutikno berharap adanya sosialisasi gempur rokok illegal dapat menurunkan tingkat peredaran rokok illegal sehingga mampu mengoptimalkan penerimaan negara di sektor cukai serta meningkatkan kesejahteraan.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus, Sandy Hendratmo Sopan, menjelaskan, bahwa Kabupaten Pati ditetapkan Pemerintah sebagai daerah penghasil cukai dan tembakau.

Baca Juga: Emosi dan Cemburu Motif Pembunuhan Ibu Tiga Anak di Pati

Sehingga mendapatkan alokasi dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Gubernur Nomor 38 Tahun 2022 tentang alokasi DBHCHT BAgaian Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten / Kota di Jawa Tengah Tahun Anggaran 2023.

Seperti diketahui alokasi DBHCHT, 50 % digunakan untuk Bidang Kesejahteraan Masyarakat,20 % untuk Program Peningkatan Peningkatan Kualitas Bahan Baku, pembinaan industri dan peningkatan ketrampilan kerja  dan 30 % untuk program pemberian bantuan.

Adapun Kepala Disdagpein, Hadi Santosa menyatakan, DBHCHT memberikan dampak yang positif dalam pembinaan dan pemberdayaan Industri Hasil Tembakau khususnya bagi peningkatan ketrampilan Sumber Daya Manusia bagi pemilik maupun karyawan.

Tentunya dengan meningkatnya ketrampilan Sumber Daya Manusia akan berpengaruh pada  peningkatan kualitas produksi.

Sedangkan dari Disnaker yang diwakili oleh Sekretaris, Tri Heny Christiati, menyampaikan penjelasannya, pada tahun 2023 ini melalui UPTD BLK melaksnakan kegiatan pelatihan ketrampilan bagi keluarga buruh pabrik rokok dan masyarakat tertentu sebanyak 18 paket pilihan. (red)

Komentar