MPI PP Muhammadiyah Rakor Perdana di UHAMKA

(Foto: Peserta Rakor MPI PP Muhammadiyah di UHAMKA Jakarta, Kamis 1 Jun 2023)

Kabarpatigo.com - JAKARTA - Pengurus Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah melaksanakan Rapat Koordinasi yang pertama kali di aula AR Fachruddin lantai 2 kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hamka (Uhamka) Jalan Raya Bogor KM 23 No 99 Ciracas Jakarta Timur bertepatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/23).

Rapat yang diikuti pengurus yang tinggal di sekitar Jakarta dan Bandung tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Dadang Kahmad.

Dengan dipandu Wakil Sekretaris MPI, Dinan Hasbudin Apip, rapat menampilkan tiga wakil ketua masing-masing Roni Thobroni MSi yang menyampaikan program Penguatan Media dan Jurnalistik, Dr Drs Makroen Sanjaya MSi menyampaikan program Transformasi Media Digital dan Ismail Fahmi ST MA Phd menampilkan Strategi Media Sosial.

Rakor juga menghadirkan pengurus dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Umum, Ihsan, yang bertanggungjawab dalam komunikasi lembaga dan media relation.

Prof Dr Dadang Kahmad dalam sambutannya meminta pengurus MPI gerak cepat mengeksekusi delapan program prioritas PP Muhammadiyah yang terkait dengan Majelis Pustaka dan Informasi.

Diantara program prioritas tersebut adalah peneguhan paham Islam dan ideologi Muhammadiyah di semua tingkatan, penguatan dan penyebaran Risalah Islam Berkemajuan di lingkungan internal maupun eksternal, memperkuat basis umat di akar rumput, mengembangkan amal usaha unggulan, mengintensifkan dakwah di kalangan milenial, reformasi kaderisasi, reformasi organisasi dan digitalisasi sistem organisasi dan internasionalisasi Muhammadiyah.

Baca Juga: Lagi, Lazismu Pati Tancap Gas Jelang Idul Adha 1444 H

Prof Dadang juga mengajak pengurus untuk mempelajari Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, bermasyarakat dan bernegara.

Kita mempunyai buku panduan PHI yang perlu terus dipelajari dan diamalkan,” katanya.

Sementara itu saat presentasi Wakil Ketua Bidang Penguatan Media dan Jurnalistik Roni Thobroni menyampaikan sejumlah program Penguatan Media dan Jurnalistik yang akan dikerjakan yakni perintisan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jurnalistik dan Kehumasan, UKW, Fachrodin Award, Hari Pers Muhammadiyah, penyusunan buku “Jurnalisme Berkemajuan”, pembuatan Aplikasi MediaMu, Jambore MediaMu, Asosiasi MediaMu dan pelatihan SDM.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua Bidang Transformasi Media Digital, Makroen Sanjaya menyampaikan Bidang Transformasi Media Digital memiliki program kerja memproduksi dan mereproduksi konten-konten yang kreatif dan inovatif, membuat panduan pembutan konten kreatif multimedia, revitalisasi kode etik netizmu, membangun kompetensi digital seluruh jaringan MPI dan SDM Muhammadiyah serta perluasan jangkauan tvMu di berbagai daerah.

Sedangkan Ismail Fahmi menyampaikan sejumlah program unggulan diantaranya pendirian Muhammadiyah Software Labs, LabMu yang akan diluncurkan Juli 2023, peluncuran aplikasi OneMu sebagai SuperApp Muhammadiyah dan IkhtisarMu, Muhammadiyah Campus Lab, Muhammadiyah Creative Labs, Muhammadiyah Developer Conference.

Usai pemaparan program dilanjutkan dengan tanya dengan peserta.

Setelah Rakorwil rencananya MPI akan mengadakan Rakernas 14 hingga 15 Juli di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. (klikmu)

Komentar