KPU Pati Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Lapangan Desa Kalikalong Tayu

(Foto: Simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 yang digelar KPU Pati di Lapangan Desa Kalikalong, Kecamatan Tayu, Selasa 26/12/23)

Kabarpatigo.com - TAYU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di lapangan Desa Kalikalong Kecamatan Tayu, Selasa (26/12/23).

Kegiatan yang diprakarsai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati ini dilangsungkan di lapangan desa setempat dan diikuti sekitar 150 warga sekitar.

Lokasi yang digunakan merupakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 Desa Kalikalong. Simulasi dilakukan dengan prosedur dan kelengkapan sesuai Pemilu sesungguhnya.

Baca Juga: Ir. Purwanto Caleg DPRD Pati Setujui Program Golkar Terkait Akses Pupuk Subsidi Hanya Gunakan KTP

Ada empat bilik suara yang disediakan untuk melakukan pencoblosan. Setelah mencoblos, peserta memasukkan surat suara ke lima kotak yang telah ditandai sesuai kategorinya, yaitu Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Baca Juga: Tiket Penonton dan Sponsor Berkurang, Kondisi Keuangan PSIS Tidak Stabil

Komisioner KPU Pati Divisi Teknis Penyelenggaraan, Khusnul Imanuddin, mengatakan bahwa pihaknya mengundang 150 warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk mengikuti simulasi ini.

"Selain itu juga DPTb sebanyak 4, satu dari DPK, dan dua disabilitas. Tapi kami menemukan di desa ini juga ada disabilitas yang masuk DPT. Sehingga kami bisa mengetahui secara riil pelayanan terhadap disabilitas di TPS," ungkap dia.

Khusnul mengatakan, pihaknya sengaja melakukan simulasi di lokasi riil, bukan di gedung atau tempat dalam ruangan (indoor) lain, karena ingin memetakan potensi hambatan di TPS.

"Sebab 14 Februari 2024 nanti, saat coblosan, diprediksi saat itu puncak musim penghujan. Kami ingin mengetahui sejauh mana teman-teman KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) bisa bersiap untuk itu," jelas dia.

Baca Juga : Sortir dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024, KPU Pati Libatkan Penyandang Disabilitas

Dari hasil pantauan saat simulasi, kata Khusnul, pihaknya melihat memang penyandang disabilitas punya kesulitan khusus dalam teknis pemilihan.

Namun, KPU Pati sudah berkoordinasi dengan KPPS agar pemilih disabilitas diberi pendamping untuk menentukan hak pilih.

Salah satu peserta simulasi, Supadi menilai kegiatan ini bisa membantunya memberi gambaran tata cara pemungutan suara pada Pemilu mendatang.

"Mekanismenya sangat mudah sekali, tidak berbelit-belit. Cara mencoblos juga mudah dipahami. Gambar di surat suara, terlihat jelas, tidak ada yang kabur (buram)," ucap dia.

Supadi mengatakan, dia hanya butuh waktu kurang dari dua menit untuk mencoblos lima surat suara.

"Hanya saja yang agak lama membukanya. Karena surat suaranya lebar, ada banyak partai. Untuk pemilih berusia kurang dari 50 tahun saya rasa mudah. Tapi kalau lansia mungkin agak kesulitan membuka surat suara yang lebar," kata dia.

Peserta simulasi lainnya, Sutiyani, mengaku agak bingung dengan banyaknya surat suara.

"Apalagi (saat simulasi) gambarnya bukan asli seperti nanti pas Pemilu," tutur dia.

Namun, Sutiyani menilai kegiatan ini tetap membantu warga untuk memberikan gambaran cara menyalurkan hak suara.

"Terutama untuk orang-orang tua, kegiatan ini bagus. Petugasnya juga mengarahkan," tandas dia. (tribunjateng.com)

Komentar