6 Menu Lebaran Lezat yang Pas untuk Hari Raya Idul Fitri, Nomor 1 Favorit!

(Foto: Opor Ayam)

Kabarpatigo.com - Di Hari Raya Idul Fitri, pilihan menu lebaran yang disajikan tentu ada banyak macamnya. Pemilihan menu lebaran ternyata juga harus dipersiapkan demi menambah keharmonisan bersama keluarga untuk merayakan lebaran.

Hal itu dikarenakan masyarakat Tanah Air memiliki tradisi untuk bersilaturahmi kepada keluarga maupun orang tersayang sembari menikmati sajian makanan yang tersedia.

Pada hari spesial ini, terdapat sejumlah hidangan menu lebaran yang tidak boleh dilewatkan. Disanding bersama ketupat, momen bermakna di Hari Raya Idul Fitri tentu semakin memorable ketika menikmati santapan tersebut dengan orang tersayang.

Baca Juga: Ada Sejak Abad 15, Ketupat Jadi Sajian Khas Lebaran, Ini Maknanya!

Oleh karena itu, ketahui sejumlah menu lebaran spesial berikut ini yang mampu menghangatkan suasana lebaran.

1. Opor Ayam
Rekomendasi menu lebaran pertama yang sudah menjadi hidangan favorit banyak orang adalah Opor Ayam.

Menu lebaran yang satu ini memang sudah identik dengan momen Hari Raya Idul Fitri apalagi saat berkumpul di rumah keluarga dekat.

Bahkan, tidak sedikit orang yang telah mendambakan Opor Ayam sejak persiapan pulang kampung masih berlangsung.

Seperti namanya, Opor Ayam merupakan masakan ayam yang identik dengan kuah kuning berempah serta santan gurih lezat, cocok untuk dimakan bersama-sama untuk menghangatkan badan.

Biasanya, santapan ini dikombinasikan dengan kerupuk serta ketupat atau nasi hangat sehingga terasa mengenyangkan.

2. Rendang
Menu lebaran selanjutnya yang tidak kalah terkenal dan memiliki cita rasa tidak terlupakan adalah Rendang.

Olahan daging yang dimasak dalam waktu lama menggunakan aneka rempah serta santan ini cenderung menonjolkan rasa pedas dan gurih sehingga diyakini menjadi hidangan comfort food saat Hari Raya Idul Fitri tiba bagi semua orang.

Kehadiran rendang pada momen berharga ini memang cukup ditunggu-tunggu oleh setiap orang yang telah melakukan persiapan pulang kampung dari jauh-jauh hari.

Hal ini dikarenakan rendang yang disajikan di kampung halaman rasanya memiliki keistimewaan tersendiri, apalagi ketika disantap bersama hangatnya kebersamaan di momen Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Fashion Show, Menambah Kemeriahan Takbir Keliling Desa Sarirejo

3. Sambal Goreng Ati
Salah satu menu lebaran yang dirindukan tidak lain adalah Sambal Goreng Ati. Hidangan ini cukup populer ditemui ketika Hari Raya Idul Fitri berlangsung karena terdiri dari sejumlah bahan yang mudah didapatkan.

Apalagi, Sambal Goreng Ati merupakan salah satu menu lebaran yang cukup mudah dibuat.

Hidangan ini biasanya terdiri dari kentang, hati, dan ampela ayam yang ditumis dengan sambal goreng pedas gurih untuk menambah cita rasa.

Menu ini sangat cocok di kombinasikan dengan nasi hangat dan kuah opor sehingga tidak heran jika Sambal Goreng Hati menjadi menu yang cukup di incar ketika Hari Raya Idul Fitri tiba.

4. Nastar
Berbeda dengan sejumlah rekomendasi hidangan lainnya, Nastar merupakan menu lebaran kue yang selalu ada di setiap rumah tangga saat momen Hari Raya Idul Fitri tiba.

Biasanya, keluarga jauh hingga kerabat yang mampir bersilaturahmi disuguhkan dengan kue Nastar untuk menunggu santapan makan siang dimulai.

Berisikan selai nanas yang memiliki cita rasa manis asam, kue ini cocok menjadi makanan pembuka bahkan dessert di momen berharga.

Kenikmatan setiap memakannya memang selalu didambakan, namun cara pembuatannya pun cukup rumit dan memakan waktu lama sehingga perlu keterampilan tersendiri.

Tidak heran jika banyak orang membawa kue nastar sebagai oleh-oleh saat persiapan pulang kampung untuk menghemat waktu.

5. Semur
Apabila kamu mengincar menu lebaran daging sapi namun tidak mau repot memasaknya terlalu lama, Semur Daging bisa jadi pilihan tepat untuk disajikan di Hari Raya Idul Fitri nanti.

Memiliki kuah coklat pekat dengan cita rasa manis gurih, santapan ini biasanya disanding dengan ketupat untuk menambah kelezatannya.

Untuk membuatnya, kamu tidak perlu mengkhawatirkan bahan dan bumbunya karena Semur menggunakan rempah dan bahan yang sangat mudah didapatkan seperti pala, bawang merah, bawang putih, jahe, daging sapi, dan tambahan lainnya seperti jengkol dan telur.

Tidak heran jika orang-orang mempercepat persiapan pulang kampung untuk menikmati menu lebaran yang satu ini.

6. Kastengel
Menu lebaran terakhir yang tidak boleh terlupakan untuk disajikan di rumah saat hari penting itu tiba adalah Kastengel.

Siapa yang tidak tahu kue khas Hari Raya Idul Fitri yang satu ini? Berbeda dengan nastar yang cenderung manis dan asam, Kastengel menghadirkan cita rasa gurih dari keju berkualitas yang menjadi salah satu bahan pembuatannya.

Kastengel sendiri berasal dari Belanda dan diambil dari kata ‘kaas’ dan ‘stengels’ yang berarti keju batangan, tidak heran ketika rasa keju dari kue ini cukup menonjol ketika dicicipi.

Cara pembuatannya pun tidak sesulit yang dibayangkan, kamu perlu menyiapkan sejumlah bahan seperti tepung terigu, margarin, parutan keju, telur dan kombinasikan sesuai dengan selera.

Kue ini cukup digemari semua orang sehingga telah didambakan sedari persiapan pulang kampung tiba.

Demikianlah menu lebaran yang bisa untuk menemani dan menikmati momen berharga. Kamu bisa menikmati sejumlah hidangan diatas bersama keluarga dan orang tersayang sambil merayakan Hari Raya Idul Fitri. (aa)

Komentar