Mewakili Dandim, Kasdim Pati Hadiri Acara Tradisi Larung Sesaji di Juwana

(Foto: acara latung di Desa Bendar Kecamatan Juwana, Minggu 21 Apr 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - Bertempat di Desa Bendar dan Desa Bajomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati digelar acara larung sesaji dalam rangka Sedekah Laut tahun 2024, Minggu (21/4/24) pukul 07.00 WIB.

Tadisi di dua desa tersebut merupakan warisan leluhur yang setiap tahun dilaksanakan oleh masyarakat di dua desa tersebut.

Baca Juga: Melalui Program Pompanisasi, Pangdam IV/Diponegoro Bersama Pj Gubernur Komitmen Bantu Kementan Tingkatkan Produksi Beras di Jateng

Baca Juga: Bahas Raperda Perlindungan Petani, DPRD Pati Rapat Paripurna dan Bentuk Pansus

Di desa Bendar acara dipusatkan di balai desa setempat dihadiri oleh Forkopincam Juwana serta tokoh masyarakat serta tokoh agama dan  masyarakat.

Sedangkan di desa Bajomulyo, tradisi larung sesaji digelar di TPI II desa Bajomulyo juga dibanjiri oleh masyarakat menyaksikan acara tersebut.

Baca Juga: Jogging di Alun-Alun Simpang Lima Pati, Supriyanto Kuliner "Sop" di Pecinan

Baca Juga: Pj Bupati Pati Hadiri Halal Bihalal MKKS SMP dan Guru di Tayu, Wedarijaksa, dan Gabus

Dalam kegiatan di desa Bajomulyo dihadiri oleh Pj. Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, ST., MT., Kapolresta Pati diwakili Wakapolresta Pati AKBP Dandy Ario Yustiawan, S.I.K, Dandim 0718/Pati diwakili Kasdim Mayor Cpl Ari Eko Prasetio, S.T. bersama para pejabat terkait serta tokoh masyarakat desa setempat.

Acara berlangsung meriah dan sakral manakala dipentaskan juga Tari Gambyong untuk membuka acara.

Larung sesaji merupakan tradisi tahunan yang tidak dapat ditinggalkan oleh masyarakat setempat, karena merupakan acara sakral bagi pelaku perikanan sebagai bentuk rasa syukur atas Rejeki laut yang diberikan oleh Allah SWT. (red)

Komentar