Bupati Pati Lepas Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru

(Foto: Bupati Pati Haryanto saat melepas keberangkatan penyaluran bantuan untuk korban erupsi Semeru, Kamis 16 Des 2021)

Kabarpatigo.com - PATI - Bupati Pati Haryanto melepas keberangkatan penyaluran bantuan sosial oleh sejumlah pihak bagi para korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang.

Pelepasan yang dilaksanakan di halaman Setda Kabupaten Pati, itu diikuti oleh sejumlah pihak yang aktif dalam bidang sosial dan kemanusiaan seperti BPBD Pati, Tagana dan Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pati, Kamis (16/12/21).

"Semoga bantuan yang terkumpul ini segera disalurkan kepada masyarakat Lumajang. Semoga dapat meringankan beban dan kesulitan mereka. Dan semoga bencana yang ada segera berakhir," ujarnya.

Pihaknya pun mengajak semua pihak untuk senantiasa berdoa agar dijauhkan dari segala bencana. Terlebih bahwa selama dua tahun terakhir ini, telah diuji dengan adanya pandemi Covid-19.

Adapun bentuk bantuan yang disalurkan berupa bahan makanan maupun minuman seperti beras, mie instan, gula, pakaian, obat-obatan, pakaian serta uang tunai yang terkumpul sebanyak 70 juta rupiah.

Ia juga menyebut bahwa sebelumnya, berbagai elemen mulai dari PMI dan sejumlah organisasi masyarakat telah lebih dulu berangkat ke Lumajang untuk menyalurkan bantuan.

"Ini juga membuktikan bahwa tanpa digerakkan, masyarakat dengan sendirinya turut menyalurkan kepeduliannya. Hal ini muncul dari hati nurani masyarakat. Selain itu, juga timbal balik lantaran warga Pati yang biasanya terdampak banjir juga sering mendapat bantuan dari berbagai pihak," jelasnya.

Bupati Haryanto mengaku sungkan apabila bantuan yang telah terkumpul tidak segera disalurkan. Apabila nantinya terdapat bantuan sosial yang terkumpul, maka juga akan didistribusikan ke Lumajang. (red)

#Haryanto

Komentar