Penantian 23 Tahun, Akhirnya Tim Juku Eja PSM Makassar Juara Liga 1 2022/2023

(Foto: Pemain PSM Makassar saat merayakan gol)

Kabarpatigo.com - PAMEKASAN - Klasemen Liga 1 2022/2023 setelah PSM Makassar sukses menyegel gelar juara pada pekan ke-32, Jumat (31/3/23) malam WIB.

Kepastian PSM Makassar menyegel gelar juara Liga 1 2022/2023 didapat setelah mengalahkan Madura United dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan.

Tiga gol pemasti PSM Makassar juara Liga 1 dilesakkan oleh Wiljan Pluim (4', 10') dan Kenzo Nambu (48'). Sedangkan gol pelipur lara tim tuan rumah dibukukan Jaja bagi Madura United pada menit ke-51'.

Tambahan poin penuh membuat PSM Makassar tak mungkin tergusur dari posisi puncak klasemen Liga 1 Mereka mengemas 72 poin.

Baca Juga: Muhammadiyah: Host Piala Dunia U-20 Penting tapi Jangan Saling Menyalahkan

Sekalipun tim kompetitor, Persija Jakarta dan Persib Bandung menyapu laga sisa, namun perolehan poinnya tak mungkin menyalip milik Juku Eja -julukan PSM Makassar.

Persija Jakarta duduk di urutan ketiga dengan koleksi 57 poin setelah meraih kemenangan 2-0 atas Persib Bandung di Stadion Patriot Chandrabhaga.

Baca Juga: PPKM Dicabut, Persiapan Sambut Pemudik Jadi Fokus Rakor Forkopimda

Gol kemenangan Macan Kemayoran -julukan Persija- dibukukan oleh Riko Simanjuntak di menit 45+2' dan Michael Krmencik (72').

Dengan kekalahan ini, Persib Bandung masih duduk di peringkat dua klasemen Liga 1 Skuad asuhan Luis Milla ini membukukan 59 poin.

Dengan dipastikannya gelar juara Liga 1 2022/2023 menjadi milik PSM Makassar, laga sisa musim ini akan berfokus kepada persaingan posisi runner-up antara Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Euforia jelas menyelimuti kubu Tim Juku Eja PSM Makassar yang memastikan gelar juara Liga 1 musim ini.

Juku Eja membutuhkan waktu 23 tahun untuk kembali merasakan atmosfer juara di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Sebagai catatan saja, terakhir kali tim berjuluk Pasukan Ramang ini terakhir kali juara ialah musim 2000.

Selain itu, ini menjadi kado manis bagi seorang Bernardo Tavarez. Pelatih berkebangsaan Portugal tersebut memberikan kado manis di tahun debutnya di Liga 1.

Dia sukses mengemban tugas dengan membawa Juku Eja menjadi kampiun setelah menggantikan tugas Joop Gall. Keberhasilan PSM Makassar juara Liga 1 musim ini layak mendapatkan apresiasi tinggi.

Selain memang bermain bukan di kandang sendiri, yakni Stadion Andi Mattalatta, PSM Makassar membuktikan kualitasnya meski mengandalkan pemain muda.

Coach Bernardo mampu memanfaatkan talenta muda seperti Rizky Pramata dan Ramadhan Sananta dalam skemanya. Di sisi lain, PSM Makassar juga masuk dalam kriteria raja comeback Liga 1

Catatan tersebut membuktikan bagaimana kualitas dan mentalitas Juku Eja sebagai tim juara. (Tribunnews)

Komentar