Pilkades PAW Serentak di Kabupaten Pati Siap Digelar di Tiga Desa

(Foto: Pilkades PAW Serentak)

Kabarpatigo.com - PATI - Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro bersama Forkompimda serta Sekretaris Daerah Kabupaten Pati lakukan pemantauan tiga desa di dua Kecamatan.

Pemantauan tersebut dilakukan untuk mengecek kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) Pergantian Antar Waktu (PAW).

Tiga desa yang melaksanakan pilkades PAW pada Selasa 18 Juli 2023 adalah Desa Bendokaton Kidul, Desa Tayu Wetan Kecamatan Tayu. Serta Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengatakan, bahwa pelaksanaan pilkades ini merupakan sebuah sistem demokrasi yang ada ditingkat desa. Untuk itu pelaksanaannya harus dijaga agar berjalan aman serta lancar.

“Kita bersama-sama kesini, kita coba monitoring terkait kesiapan yang sudah dilakukan. Dan tentunya saya minta tolong kepada bapak-bapak panitia agar besok pelaksanaannya tentunya dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Henggar, Senin (17/7/23) malam.

Henggar berharap, siapapun nanti yang terpilih tentunya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

“Jadi dengan adanya PAW ini panjenengan semua akan menjadi satu kesatuan dalam melaksanakan kinerja pemerintahan,” tandasnya.

Baca Juga: Cantik-Cantik, Inilah 4 Kecamatan dengan Penduduk Wanita Terbanyak di Kabupaten Pati

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Pati Tri Haryama menjelaskan, bila nanti kedua calon mendapatkan jumlah suara yang sama, maka Pemerintah Kabupaten Pati akan langsung melakukan ujian tertulis.

“Adapun nantinya ujian tulis 50 soal, bentuknya pilihan A,B,C,D. Jadi nanti nilai tertinggi yang jadi. Soalnya saya yang pegang, dan itu bersifat rahasia," terang Tri Haryama.

Terkait kesiapan pelaksanaan, Pj. Kades Banyutowo, Eko Sugiharto menjelaskan, hingga malam ini persiapan pelaksanaan PAW Pilkades sudah berjalan sesuai tahapan. Pihaknya juga berharap, pencoblosan yang akan dilaksanakan Selasa (18 Juli 2023) berjalan kondusif.

Baca Juga: Rapat Persiapan Kirab, Ki Ageng Penjawi Wujud Teladan Yang Adil Dan Mengayomi

“Semua sudah sesuai tahapan. Meskipun sempat ada wacana penundaan, namun bisa dijalankan atas saran dari Pj Bupati terkait pengisian kades,” jelasnya.

Ditambahkan, pelaksanaan PAW di desanya akan berjalan kondusif. Mengingat calon di Banyutowo diikuti pasangan suami istri.

Yaitu Pak Sunaryo dan istrinya Ibu Sri Hartati. Karena siapapun yang jadi, nantinya akan membawa Banyutowo ke arah yang lebih baik,” harapnya.

Adapun nama-nama pasangan Calon Kepala Desa yang ikut dalam kontestasi Pilkades PAW adalah, Cakades Banyutowo, Sunaryo dan Sri Hartati.

(Foto: kabarpatigo)

Cakades Tayu Wetan, Egi Hadi Luspriyan dan Mohamad Firdaus Maula. Dan Cakades Bendokaton Kidul, Sunarwi dan Ayu Muria Pangestika.

Diketahui, tokoh masyarakat di Desa Banyutowo berjumlah 84 pemilih yang akan memberikan suara. Selain Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Pilkades PAW Serentak juga akan diikuti Desa Tayu Wetan dengan 121 pemilih dan Bendokaton Kidul 59 pemilih, Keduanya berada di Kecamatan Tayu. (red)

Komentar