Waket DPRD Jateng Ferry Wawan Ajak Generasi Muda Siap Hadapi Tantangan dan Perubahan Cepat

(Foto: wakil ketua DPRD Provinsi Jateng Ferry Wawan Cahyono)

Kabarpatigo.com - SEMARANG - Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono mengajak generasi muda untuk siap menghadapi tantangan dan perubahan yang begitu cepat.

Generasi muda harus menghasilkan karya terbaik dan berkontribusi membangun dan memajukan negeri.

Menurutnya, tantangan anak muda saat ini tidaklah mudah, harus cepat merespons perkembangan dan pesatnya pertumbuhan industri. Perkembangan tersebut harus dimanfaatkan untuk membawa Indonesia semakin maju.

"Kita telah menyaksikan tumbuh dan berkembangnya revolusi industri, siklus inovasi, rantai distribusi yang mengalami pergeseran dan perkembangan dengan sangat kompleks cepat dan pendek," kata Ferry, legislator dari Partai Golkar Dapil Jateng-10 yang meliputi Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Kebumen, di Kota Semarang Jawa Tengaj Sabtu (28/10/23).

Baca Juga: Kembali Siswa MTsN 1 Pati Menorehkan Prestasi Internasional

Ia mencontohkannya dengan pertumbuhan perusahaan transportasi tanpa kendaraan seperti grab dan gojek, lahirnya perusahaan telekomunikasi tanpa infrastruktur dan platform media sosial seperti Whatsapp dan Telegram.

Baca Juga: Target Menang 50 % Lebih, Tim Pemenangan Koalisi Indonesia Maju Kabupaten Karanganyar Gelar Rapat Koordinasi

Demikian juga perusahaan ritel terbesar tanpa store konvensional, seperti Tokopedia dan bukalapak, bisokop terbesar tanpa theatre seperti Netflix dan sebagainya.

Revolusi industri menyebabkan organisasi bisnis dan lingkungan mengalami peningkatan pola Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA). Kondisi transformasi yang terjadi dengan super cepat, tanpa bisa kita duga, rumit dan membingungkan.

"Adanya kondisi tersebut, kita tidak bisa mundur, kita harus siap untuk menghadapi perubahan yang begitu cepat ini. saat ini yang sangat diperlukan agar sukses dan memenangkan persaingan adalah membekali diri dengan kepercayaan diri yang tinggi," katanya.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri tersebut, ada beberapa yang harus dilakukan yakni, yakin dengan kekuatan Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Selalu menjaga penampilan dan mnghentikan pikiran negatif, menemukan kelebihan diri, rajin membaca, olah raga, menyapa dengan sopan dan selalu persiapan sebaik mungkin.

"Kita harus terus memilki mimpi dan terus melakukan intropeski diri, serta senantiasa bersyukur dan berdoa sebelum memulai aktivitas," ujar dia. (antarajateng)

Komentar