Ketua Muhammadiyah Pati Jadi Imam dan Khatib Shalat Id di Joyo Kusumo, Ini Isi Khutbahnya!

(Foto: jamaah shalat Idul Fitri khusyu' mendengarkan khutbah khatib shalat Id di stadion Joyo Kusumo Pati, Rabu 10 Apr 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - Sekitar 2.000 orang lebih warga Muhammadiyah di wilayah Pati kota dan sekitarnya mengikuti dan melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah.

Para jamaah shalat Id lelaki, perempuan, baik muda maupun tua, duduk mendengarkan khutbah Idul Fitri di halaman Stadion Joyo Kusumo Pati, Rabu (10/5/24) dengan khidmat dan khusyu'.

Baca Juga: UMS Jadi PTS Terbaik di Jateng, dan Posisi 7 Nasional Versi Scimago 2024

"Memang sudah kami perkirakan dari awal. Panitia memperkirakan jamaah yang akan ikut shalat Id diperkirakan kisaran 2.000 jamaah lebih, karena kami pun cetak buku khutbah juga dengan jumlah yang sama," kata panitia shalat Id Abdul Wahid.

Baca Juga: Fashion Show, Menambah Kemeriahan Takbir Keliling Desa Sarirejo

Baca Juga: Muhammadiyah Sukolilo Tunjuk Imam dan Khatib Shalat Id dari Kaum Milineal

Baca Juga: Sekelompok Pemuda "Twin Twenty" Soroti Buruknya Insfratruktur Jalan di Pati

Untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah digelar di halaman Stadion Joyo Kusumo Pati sesuai jadwal pukul 06.30 WIB dengan Imam dan Khatib Ustaz Muhammad Luqman, S.Pd.

Baca Juga: Dandim Pati Bersama Forkopimda Monitoring Malam Takbir Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M

Baca Juga: Dandim Pati Lepas Anggota Yang Cuti Lebaran Gelombang I, Ini Penekanan Dandim!

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pati tersebut dalam khutbahnya mengangkat tema "Istiqomah Mengenali Allah: Fondasi Lahirnya Generasi Berkepribadian Muttaqin".

M. Luqman dalam isi khutbahnya menjabarkan bahwa dalam mengenali Allah SWT ada tiga poin cara mengenali Allah SWT pasca Ramadhan, diantaranya; pertama, perbanyaklah berdoa agar hati kita tetap Istiqomah dan tidak mudah berubah dan tergadai dengan materi.

Kedua, berkumpul dengan orang-orang yang shaleh yang mengantarkan pada kebaikan. Dan ketiga, berusaha Istiqomah dalam beribadah walaupun hanya sedikit.

(Foto: kabarpatigo.com)

Khatib juga menambahkan dengan akhirnya bulan Ramadhan kita mempunyai dan memberikan pesan dan kesan yang kuat serta pengaruh positif yang signifikan pada diri kita untuk memiliki kepribadian baru yakni sebagai seorang Mukmin, Muslim, Muhsin, dan Muttaqin.

"Berkepribadian Mukmin, Muslim, Muhsin, dan Muttaqin sebagai pilar utama lahirnya generasi Shalihin sejati yang mampu menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya untuk mewujudkan NKRI yang kita cinta ini sebagai "Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghaffur," tegas M. Luqman dalam isi khutbahnya.

Sebelum shalat Id dimulai, panitia shalat Id menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pati atas pemberian ijin pemakaian stadion Joyo Kusumo, dan Kepolisian Resort Kota Pati yang memberikan dan membantu jamaah dalam kenyamanan shalat Idul Fitri. (aa)

(Foto: Malam Takbir Keliling Desa Sarirejo Kecamatan Pati, Selasa 9 Apr 2024)

Komentar