Memberi Pengalaman Bermakna Melalui Studi Wisata

Oleh: Marijo*

(Foto: siswa SDN Tingkir Tengah 01 Kota Salatiga saat studi tour)

Kabarpatigo.com - Hari Rabu 8 Mei 2024 Siswa-siswi SDN Tingkir Tengah 01 Kota Salatiga melaksanakan kegiatan belajar di luar kelas (outing class) yang dikemas dalam bentuk Studi Wisata.

Rombongan dibagi menjadi dua berdasarkan jenjang kelas dan perkembangan fisiknya. Kelas rendah yaitu Kelas I dan II berkunjung ke Monumen Palagan Ambarawa. Sedangkan untuk rombongan Kelas III s.d. VI tujuan belajar ke Taman Pintar dan Waterboom Yogya.

Pengalaman dan pembelajaran berharga yang didapat oleh siswa-siswi yang berkunjung ke Monumen Palagan. Sebagaimana kita ketahui Monumen Palagan menyimpan sejarah penting perjuangan masyarakat Indonesia. Tentara Keamanan Rakyat yang dipimpin kolonel muda Soedirman berhasil menghancurkan Sekutu yang kemudian diperingati dengan Hari Infanteri.

Siswa-siswi didampingin guru kelas dan mahasiswa magang terlihat bersemangat mendengarkan cerita sejarah yang disampaikan oleh Pemandu Wisata. Wajah polos penuh tanya saat ditunjukkan berbagai sisa senjata yang digunakan dalam peperangan.

Selain senjata perang yang dapat dilihat dan dipegang secara langsung, siswa-siswa dapat menaiki beberapa alat alutsista yang masih terpajang gagah di berbagai sudut taman.

Setelah eksplorasi ke seluruh isi monumen dan mendapatkan berbagai informasi penting tentang perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Rombongan menuju ke destinasi kedua yaitu Taman Wisata Cimory Ungaran. Tempat wisata yang cukup menarik bagi anak-anak. Pembelajaran utama menyajikan proses pengolahan susu hingga siap dikonsumsi.

Perjalanan dimulai dengan visi sebuah peternakan sapi perah unik domestik maupun luar negeri. Di Dairyland siswa dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan berbagai satwa lucu seperti rusa, kuda, sapi, kelinci dan berbagai reptil berkeliaran bebas di dalam kandang.

Terdapat juga area petting zoo, siswa langsung berinteraksi dengan hewan-hewan lucu seperti kelinci dan domba. Tentu satu wahana yang tidak ketinggalan untuk dinikmati yaitu bermain puas di kolam renang dan permainan air.

Sementara rombongan Kelas III s.d. VI sejumlah 114 siswa menuju ke Yogya dengan mengendarai 2 bus dan 1 minibus. Taman Pintar menjadi tujuan utama sebagai kunjungan belajar siswa. Taman yang memadukan sebagai tempat wisata rekreasi dan edukasi dalam satu lokasi.

Berbagai wahana dikunjungi sebagai media pembelajaran kontekstual memperdalam pembelajaran yang selama ini didapat di kelas. Siswa begitu menikmati permainan dan peragaan berbagai bidang ilmu pengetahuan alam, sosial, budaya, teknologi dan lain sebagainya.

"Desain ruangan yang dilengkapi dengan peraga menarik berbasis teknologi membuat siswa seolah berada di alam nyata sesuai konteks zaman dan konteks alamnya".

Pengalaman menarik juga didapatkan oleh Rosyid, peserta studi wisata tiga bersaudara yang turut berangkat pada perjalanan belajar ini. Rosyid menceritakan salah satu peraga yang dimainkan yaitu mengayuh roda yang menghasilkan listrik.

Bersama teman-teman mengayuh roda sekuat tenaga hingga menghasilkan listrik yang ditandai dengan lampu yang menyala. Semakin kuat dikayuh semakin kencang roda berputar dan semakin terang cahaya yang dihasilkan.

Eksplorasi ditutup dengan sholat Dhuhur di masjid Izul Ilmi yang berada di lokasi Taman Pintar. Muhammad Dexcka Setiawan siswa Kelas VI SDN Tingkir Tengah 01 dipercaya oleh takmir masjid untuk melantunkan azan dan iqamah.

"Dilanjutkan penanaman nilai beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia yang diwujudkan dengan shalat Dhuhur berjamaah".

Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam tentang menerapkan shalat wajib ketika dalam perjalanan dapat dilakukan dengan cara jama` dan qasar yang merupakan keringanan yang diberikan Allah SWT sebagai wujud sifat kasih dan sayang.

Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 1445 H Jatuh pada Senin 17 Juni 2024

Setelah selesai melaksanakan sholat dan makan siang rombongan menuju ke destinasi kedua Waterboom Yogya. Bukan anak rasanya jika saat melihat air tidak timbul keinginan untuk segera bermain ria.

Begitu pula rombongan siswa SDN Tingkir Tengah 01 langsung berhamburan memilih berbagai wahana air yang disajikan. Tanpa terasa jam menunjukkan pukul 15.30 yang merupakan batas akhir waktu yang disepakati untuk segera mengakhiri permainan.

Pengalaman berharga bagi anak-anak dapat makan bersama di restoran dengan layanan prasmanan (self service). Bebas mengambil nasi, sayur dan lauk sesuai kebutuhan. Menikmati makan bersama teman dengan duduk santai sambil menikmati sajian live musik yang dimainkan musisi lokal.

Menutup rangkaian kegiatan anak-anak diajak mengunjungi Masjid Agung Al Aqsa Klaten untuk melaksanakan shalat Magrib dan Isya yang dilakukan secara jama. Selalu membiasakan siswa ingat dan melakukan sholat lima waktu dalam kondisi apa pun dan di mana pun sebagai wujud insan yang taat kepada Allah SWT.

Studi wisata sebagai bentuk kegiatan edukatif sekaligus rekreatif yang memberikan pengalaman belajar menyenangkan dan bermakna bagi para siswa.

Pembelajaran di luar kelas yang dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa tentang berbagai aspek lingkungan, budaya, alam, mode transportasi, perkembangan teknologi dan lain sebagainya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memupuk kemandirian siswa. Budaya antri dalam berbagai situasi mengajarkan bahwa kita harus mengormati dan menjaga hak orang lain.

Bertemuanya antar pengunjung yang berasal dari berbagai daerah dengan berbagai karakter mengajarkan pentingnya mengenal berbedaan untuk saling menghargai. Untuk dapat melaksanakan studi wisata siswa harus merencanakan dengan hidup hemat yang merupakan implementasi literasi finansial.

Berbagai pengalaman belajar menarik semoga menginspirasi siswa untuk menatap masa depan. (*)

*Akademisi Muhammadiyah Jateng

Komentar